EDI (Electronic Data Interchange) adalah pertukaran data komputer antar
aplikasi melintasi batas-batas organisasi, sehingga intervensi manusia atau
interpretasi atas data tersebut oleh manusia dapat ditekan seminimum mungkin. Akibatnya
data dalam EDI tentunya harus dalam format terstruktur yang bisa dipahami oleh
masing-masing komputer.
Cara Kerja
EDI
Pada dasarnya EDI terdiri dari tiga komponen
utama, yakni pesan standar, perangkat lunak EDI (EDI Converter), dan komunikasi.
- Pesan standar pada dasarnya berisikan teks (text) yang memuat informasi dan rule sebagai penerjemah dari satu atau lebih dokumen bisnis. Contoh dari pesan standart adalah Uniform Communication Standar (UCM) yang mendefinisikan lebih kurang 15 tipe dokumen elektronik diantaranya; purchase order, promotion announcement, price change, invoice, dll.
- Perangkat lunak EDI berfungsi sebagai sebagai penterjemah dari pesan standar EDI ke dalam internal file format perusahaan penerima. Perangkat lunak EDI harus terintegrasi dengan aplikasi bisnis yang dipakai.
- Komunikasi dalam EDI tentu sangat berbeda dengan komunikasi yang kita bersifat konvensional. Hal ini disebabkan komunikasi di EDI dilakukan melalui antar mesin (komputer), sehingga diperlukan infrastruktur komunikasi.
Dalam point-to-point di EDI perusahaan yang
bertransaksi memerlukan:
(1) menggunakan protokol komunikasi yang sama
(2) mempunyaikecepatan transmisi yang sama
(3) menyediakan line telepon pada saat yang
sama.
VAN adalah penyedia network di
mana setiap pelanggan-pelanggannya mempunyai mailbox pada perusahaan VAN
tersebut. Mailboxing ini memungkinkan pengiriman transaction set ke mailbox
rekan bisnis. Dengan cara ini pesan-pesan EDI dibawa oleh e-mail. Komunikasi
via VAN menghindari keterbatasan-keterbatasan yang ada pada point-to-point. Beberapa VAN juga
menyediakan bantuan implementasi berupa consulting, softaware dan training
rekan bisnis.
Untuk seccurity transfer data VAN memberikan jaminan
kepada pelanggan-pelanggan dengan cara-cara sebagai berikut:
- Access ke VAN memerlukan password dan IDs
- Validasi relasi dagang untuk memastikan hanya pelanggan yang berhak yang bias menerima pesan-pesan atau dokumen-dokumen
- VAN mencek integritas dari pesan-pesan EDI. Ini diimaksudkan untuk memastikan agar pesan-pesan yang dikirimkan sesuai dengan standar yang dipakai.
Penerapan
EDI di Internet
Penggunaan EDI di internet bisa
dibilang masih baru, namun teknologi dan service telah berkembang dengan cepat.
VAN yang ada sekarang sudah terhubung ke internet untuk memberikan service ke
pelanggan-pelanggan (misalnya iklan sebuah produk). Sebuah perusahaan pelanggan
VAN dapat melakukan transaksi EDI dengan sebuah perusahaan lain yang terhubung
ke internet. Pesan-pesan EDI dapat diselipkan ke dalam Internet E-mail.
Perusahaan-perusahaan yang
sama-sama terhubung ke Internet juga dapat melakukan transaksi EDI. Kedua
perusahaan yang bertransaksi harus sepakat dengan Internet protokol apa yang
akan dipakai untuk pertukaran pesan-pesan EDI: Pengiriman-pesan dengan e-mail.
Ini cara yang paling simpel dan paling banyak dipakai. Khususnya untuk
menyelipkan pesan-pesan EDI bisa dipakai spesifikasi IETF-MIME dan kedua rekan
dagang harus sepakat dengan metode encryption untuk pengamanan pengiriman
e-mail, misalnya PEM atau PGP. Pengiriman pesan-pesan EDI dengan FTP. Untuk
pertukaran pesan-pesan EDI dengan FTP, sebuah account harus dibuat untuk setiap
rekan dagang untuk FTP login, inclusif password. Pesan-pesan EDI disimpan di
sebuah file, dan rekan dagang membuat perjanjian untuk penamaan file-file dan
direktori dimana pesan-pesan disimpan.
Perkembangan
EDI Saat ini.
Saat
ini kebanyakan EDI, transaksi terjadi melalui VAN. Di dunia sudah ada beberapa
VAN. Berikut ini penulis memberikan contoh beberapa Van yang berkembang dan
sangat besar sekarang dengan keunikan pelayanaannya masin-masing.
Pertama,
General Electric Information (GEIS) VAN ini telah mempunyai pelanggan lebih
dari 30.000 perusahaan yang tersebar. GEIS selain VAN provider juga menyediakan
EDI Software. Contoh real dari implementasi produk-produk GEIS ini adalah
implementasi EDI di Bea Cukai Selandia Baru. Sistem EDI CEDI*FIT (Custom EDI
for International Trade) memberi jaminan kepada importir maximum 4 jam untuk
semua muatan, ini berarti menghemat 48 jam untuk dokumen-dokumen kiriman udara
dan 7 hari untuk kiriman laut dibandingkandengan layanan yang diberikan oleh
sistem konvensional. Untuk melayani penumpang udara, Bea Cukai Selandia Baru
menggunakan sistem CEDI*PAX(Custom EDI for Passenger Exchange). Dengan sistem
ini data-data penumpang tidak perlu dimasukkan kembali ke dalam komputer,
tetapi data yang dimasukkan ketika berangkat bisa dipanggil kembali oleh
CEDI*PAX. Contoh lain adalah aplikasi EDI di sebuah perusahaan buah-buahan di
Thailand, Dole Food Company. Perusahaan ini bayak mengekspor buah-buahan ke
Eropa. Dengan EDI pesanan langsung dari Eropa via GEIS Global Network bisa
dilakukan ke perusahaan yang terletak di sebuah desa terpencil di Thailand.
Kedua,
AT&T Easy Link Service VAN ini tidak hanya memberikan layanan EDI. Tetapi
juga juga elektronik mail, fax dan telex. Ketiga, Management Information System
Group, Inc (MISG). MISG mempunyai peolanggan yang jumlahnya lebih dari 20.000.
MISG mempunyai 2 sistem yang utama
TRANSNET dan ANSINET.
- Sistem TRANSNET adalah salah satu jaringan pemesanan secara elektronik yang terbesar di dunia.
- ANSINET sistem dapat digunakan untuk transfer dokumen-dokumen EDI lain. Keutamaan dari sistem ini mencakup basic mailbox services, 24-jam service, koneksi dengan jaringan-jaringan EDI lainnya. MISG juga menyediakan access ke Internet, e-mail, consulting services, dll.
Ketiga,
Singapore Network Service (SNS). SNS didirikan bulan Maret 1988. SNS tidak
hanya memberikan layanan EDI tetapi memberikan layanan network secara umum.
Saat ini SNS melayani pemerintah, transport, medical, dll. Dengan penerapan SNS
terbukti perekonomian Singapura saat ini semakin berkembang, tentu ini tidak
bisa dilepaskan dari keberhasilan mengadopsi dan memanfaatkan EDI.
Keempat, TranSettlements. Van ini didirikan tahun 1977,Lebih dari 70% dari perusahaan angkutan darat dan udara di Amerika Utara yang mengimplementasikan EDI memakai jasa VAN ini.
Kelima,
WorldLinx Services. VAN ini dapat diaccess dari 140 negara. Perangkat lunak
yang disebut The Net: EDI menterjemahkan transaction data ke standar format
EDI. Contoh aplikasi dari sistem ini adalah yang diterapkan di B.C Health
Service, sebuah cabang dari British Columbia Association yang menawarkan
barang-barang ke 100 rumah sakit. Penjualan barang-barang ini mencapai 100 juta
dollar AS setahun. Mereka berkomunikasi menggunakan TheNet:EDI untuk pertukaran
purchase orders and invoices. Keenam, IBM Global Network. Selain memberikan
layanan EDI, IBM Global Network juga memberikan layanan e-mail, voice-mail,
connectivity (lease,dial, wireless)X.
Keuntungan
EDI
EDI memperbaiki efisiensi juga menurunkan biaya
dan juga keuntungan-keuntungan lain diantaranya: Bussiness survival, Kebanyakan organisasi-organisasi besar menekan
supplier-suppliernya untuk menggunakan EDI. EDI adalah metode yang diinginkan
untuk melakukan bisnis di banyak industri, misalnya rail, automotive, chemical
dan farmasi.
Penghematan
biaya
EDI menekan biaya biaya dalam proses transaksi
dan menaikkan efisiensi. Penghematan yang diperoleh dari EDI bisa bersumber
dari berbagai bidang seperti:
- Pengurangan dalam pemrosesan dokumen (misalnya: mengetik kembali data yang sama/redundant data).
- Mengurangi staf sebagai hasil dari eliminasi data re-keying,koreksi kesalahan,dll.
- Penurunan tingkat inventory. Ini adalah hasil dari penurunan waktu proses transaksi dan eliminasi dari ketidakpastian seperti order delivery time.
- Penurunan biaya untuk penanganan spesial dan pos ekspres yang disebabkan keterlambatan dalam penerimaan dan proses yang tidak efisien dalam suratmenyurat.
- Penurunan penggunaan telepon.
- Penurunan biaya pos konvensional.
- Penurunan dalam pengeluaran biaya transpor.
- Memperbaiki service kepada pelanggan.
- Memperbaiki relasi dengan suplier,pelanggan dan rekan dagang.
- Memperbaiki kemampuan untuk bersaing secara internasional, sebagai hasil dari penurunan waktu komunikasi dan penurunan kesalahan, waktu design dan pengembangan lebih lebih singkat.
Peluang EDI di Indonesia
Kita
tidak dapat membantah bahwa salah satu dampak dari liberalisasi adalah semakin
terintegrasi perekonomian negara kita dengan perekonomian global. Liberalisasi
perdagangan yang disepakati melalui APEC, juga GATT, akan menuntut kita untuk
selalu bersaing dengan pelaku-pelaku ekonomi dari negara lain. Untuk bisa
menempatkan diri dalam tatanan ekonomi dunia, mau tidak mau kita harus
meningkatkan efisiensi pelaku bisnis sebagaimana pelaku bisnis di negara lain.
EDI
bisa membantu kita meningkatkan efisiensi, karena komputerisasi transaksi
bisnis dapat menyederhanakan dan mempercepat prosedur. Karena dunia bisnis
tidak dapat melepaskan diri dari pemerintah, maka kesediaan pemerintah dalam
penerapan EDI sangat penting, untuk memilih standar yang berlaku dan untuk
menyediakan perangkat hukum yang diperlukan.
Keberhasilan
Singapura dalam menerapkan EDI dapat kita jadikan jadikan satu contoh. Saat ini
pelabuhan Singapura menjadi pelabuhan tersibuk di dunia, fakta ini tentu tidak
terlepaskan dari peran EDI yang sangat membantu transaksi bisnis di pelabuhan
tersebut. Bila mengingat ketidakefisiennya selalu masalah dalam perekonomi
kita, maka penerapan EDI dapat kita jadikan alternatif untuk mengatasi problema
klasik permasalah ekonomi Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
tutur kata cermin pribadi cerdas ^^