1. Pengertian Desain dan Pemodelan Grafik
Desain
Desain merupakan suatu proses merancang atau rancangan dalam membuat suatu benda atau lainnya.
Desain sangat bermanfaat untuk
membantu proses awal sebelum kita melakukan pengerjan yang dimaksudkan agar
hasil dari pengerjaan nya dapat maksimal.
Pengertian desain menurut
beberapa ahli
- Ken Hurts
desain adalah proses iteratif
yang melibatkan banyak aktivitas tinjauan ke belakang dan paralel.
- Cioirul Amin
desain adalah kerangka bentuk,
rancangan, motif, pola, corak.
- Dedi Nurhadiat
desain adalah perencanaan untuk
mewujudkan suatu gagasan.
- Menurut Archer
desain adalah salah satu bentuk
kebutuhan badani dan rohani manusia yang dijabarkan melalui berbagai
pengalaman, keahlian dan pengetahuannya yang mencerminkan perhatian pada
apresiasi dan adaptasi terhadap sekelilingnya terutama yang berhubungan dengan
bentuk, komposisi, arti, nilai, dan berbagai tujuan benda buatan manusia.
Dari beberapa pengertian tersebut
dapat disimpulkan bahwa Desain merupakan kegiatan kreatif yang menghasilkan
sebuah rancangan ataupun hasil jadi yang inovatif sesuai keahlian dalam
bidangya.
Pemodelan Grafik
Pemodelan Grafik, terbentuk dari
dua suku kata. Pemodelan yang berarti membentuk suatu benda atau objek. Dan
Grafik merupakan pengungkapan dan perwujudan teknologi visualisasi dalam bentuk
huruf, simbol dan gambar dengan proses mencetak atau bisa diartikan dengan
manipulasi model dan citra.
Jadi, dapat diartikan bahwa
Pemodelan Grafik adalah Teknologi Visualisasi berbasis komputer yang mampu
membuat suatu benda atau objek menjadi lebih hidup.
2. Prinsip dan Unsur Desain Grafik
Prinsip
Penyampaian karya pesan visual
diharuskan mampu memberi bebrapa aspek yaitu kreatif, asli, inovatif,
komunikatif, efisien dan efektif, sekaligus indah/estetis.
Berbeda dengan prinsip desain
grafis. Dalam ilmu desain grafis, selain prinsip-prinsip diatas ada beberapa
prinsip utama komunikasi visual dari sebuah karya desain.
1. Ruang Kosong
Ruang kosong dimaksudkan agar
karya tidak terlalu padat dalam penempatannya pada sebuah bidang dan menjadikan
sebuah obyek menjadi dominan.
2. Kesederhanaan
Pencapaian kesederhanaan
mendorong penikmat untuk menatap lama dan tidak merasa jenuh.
3. Kejelasan
Bagaimana sebuah karya tersebut
dapat mudah dimengerti dan tidak menimbulkan ambigu/ makna ganda.
4. Emphasis
Pengembangan dominasi yang
bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian sehingga
mencapai nilai artistic.
Unsur
Unsur merupakan bagian penting
yang ada dalam desain, yang digunakan untuk menghasilkan objek yang menarik
perhatian dari penikmat seni.
Pada setiap hasil karya desain
pasti ada minimal satu dari unsur berikut :
1. Garis
Sebuah garis adalah unsur desain
yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga
bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
2. Bentuk
Bentuk adalah segala hal yang
memiliki diameter tinggi dan lebar.
3. Tekstur
Tekstur adalah tampilan permukaan
(corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
4. Ruang
Ruang merupakan jarak antara
suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsure
untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis.
5. Ukuran
Ukuran adalah unsur lain dalam
desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek.
6. Warna
Merupakan unsur penting dalam
obyek desain karena bias menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau
membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas.
3. Perkembangan Desain Grafik dari Berbagai Media
Desain grafis diterapkan untuk
media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur sebagai tambahan, sejalan
dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media
elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
Batas dimensi pun telah berubah seiring
perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah
desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang. Perjalanan desain dan gaya huruf
latin mulai diterapkan pada awal masa kejayaan kerajaan ROMAWI.
Desain grafis berkembang pesat seiring
dengan perkembangan sejarah peradaban manusia saat ditemukan tulisan dan mesin
cetak. Pada tahun 1447, Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan teknologi mesin
cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai disain yang
digunakan di Rhineland, Jerman untuk menghasilkan anggur.
Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur
dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk
(form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain
visual dan membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
Peralatan yang digunakan oleh
desainer grafis adalah akal, mata, tangan, alat-alat tradisional (seperti
pensil atau tinta), dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap
sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.
Desain grafis dengan computer memungkinkan
perancang (desainer) untuk melihat efek darilayout atau perubahan tipografi
dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek
dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.
Beberapa perancang grafis professional
mengeksplorasi ide menggunakan pensil di atas kertas untuk menghindari
keterbatasan komputer, memungkinkan mereka berpikir di luar kotak. Beberapa ide
kreatif dari desain grafis diawali serta dikembangkan bahkan sampai mendekati
hasil akhir dalam pikiran, sebelum diterapkan baik dengan metode tradisional
maupun komputer.
4. Pengaruh Kebudayaan Dan Teknologi dalam Membuat Desain Pemodelan Grafik
Pengaruh Kebudayaan dalam
Pembuatan Desain Pemodelan Grafik cukup dapat membantu desainer dalam membuat
sebuah model grafik.
Seorang desainer dapat
menggunakan berbagai macam norma – norma budaya, nilai – nilai, sejarah dan
bahasa. Penggunaan sebuah symbol dari masa lalu untuk dapat menyampaikan pesan
melalui karyanya.
Budaya juga dapat digunakan
sebagai salah satu sumber pemikiran untuk mengembangkan suatu desain grafis
yang menarik dan mendapat sebuah arti atau makna yang sangat kuat, dari suatu
kebudayaan yang ada.
Pengaruh Teknologi dalam
Pembuatan Desain Pemodelan Grafik Teknologi juga dapat mempengaruhi desainer, sebuah teknologi juga dapat memudahkan seorang
desainer dengan berbagai macam media yang dapat dipakai dalam tugas yang sedang
mereka kerjakan.
Jadi pada intinya teknologi juga memiliki
peranan yang cukup besar didalam perkembangan desain grafis, dengan perkembangan
sebuah teknologi yang semakin maju, maka semakin mudah kita untuk menciptakan
suatu karya dalam desain grafis dengan waktu yang singkat, yang otomatis dapat
juga menghasilkan banyak sesain grafis yang akan menjadi lebih efisien.
5. Bidang Studi Yang Berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafik
1. Teknik Elektronika
Ilmu ini menyediakan teknologi
kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer.
Bidang teknik elektronika
merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem interaksi
mausia- computer karena pada teknik elektronika cenderung mempelajari perangkat
keras yang nantinya dapat menciptakan suatu bentuk komputer yang dapat bermanfaat
pada desain grafik ini.
2. Ergonomi
Ergonomi dikonsentrasikan lebih
pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data
antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan
lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari
alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.
3. Ilmu Bahasa
Komunikasi manusia-komputer
secara definisi
Ilmu Bahasa adalah pelajaran
mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa teori formal
menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam spesifikasi
formal dari dialog-dialog manusia-komputer. Teori komunikasi matematis, seperti
halnya Usaha (Shannon, 1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia Terakhir’ (Zipf, 1949),
juga menjadi jembatan antara ilmu bahasa, ilmu komputer dan teknik elektronika.
4. Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini
dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada
struktur lingkungannya.
5. Antropologi
Antropologi (Ilmu Manusia)
dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia–komputer. Dimana interaksi
ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di kantor), antropologi
dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti,
interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok
penulis, dan lain-lain.
6. Desain grafis dan tipografi
Kemampuan estetika dari desain
grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem
manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan
powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk menjadi media baru yang
tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan.
6. Manfaat Desain Pemodelan Grafik dalam Berbagai Bidang
1. Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan
digunakan untuk mempresentasikan objek- objek pada siswa secara nyata,dapat
melalui power point ataupun software lainnya. Dengan penggunaan bentuk objek
ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah
diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.
2. Bidang Hiburan
Dalam bidang yang satu ini
penggunaan Desain Pemodelan Grafis sangat berguna missal saja pada setiap acara
televisi, sekarang ini sudah hampir semuanya menggunakkan desain grafis. Mulai
dari iklan, ftv, sampai film sekalipun supaya jauh lebih menarik.
3. Bidang Budaya
dalam bidang budaya desain grafik
mencerminkan penggambaran orang orang zaman dahulu seperti pahatan pada candi,
relief, batu dll. Hal ini menyebabkan bahwa desain pemodelan grafik pada bidang
budaya berguna sebagai penggambaran sejarah dan nilai seni dalam budaya
tersebut.
4. Bidang Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer
digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan
dibuat.Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain
kendaraan dan lainnya.
Penggunakan software desain
grafis seperti auto cad mempermudah dan membuat desainer menjadi lebih spesifik
dalam perancangan yang akan dibuat, serta memperkecil tinggkat kesalahan
sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.
5. Bidang Teknologi
Teknologi mempengaruhi bagaimana
desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan
masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk
desain. Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media dan software yang
dapat membantu serta mempermudah mereka dalam melakukan pekerjaan.
Sumber:
- Wikipedia. Desain Grafis. From http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis, 5 Oktober 2015.
- Ahlidesain. Unsure Definisi Prinsip dan Istilah DKV. From http://www.ahlidesain.com/unsur-definisi-prinsip-dan-istilah-dkv.html, 5 Oktober 2015.
- Gwazgama. Desain Pemodelan Grafis. From http://gwazgama.webs.com/apps/blog/show/19285037-desain-permodelan-grafis, 5 Oktober 2015.
- Academia. Desain Pemodelan Grafis. From http://www.academia.edu/11097842/DESAIN_PEMODELAN_GRAFIS, 5 Oktober 2015.
- Idesainesia. Perkembangan Desain Grafis. From http://idesainesia.com/perkembangan-desain-grafis, 5 Oktober 2015.
- 3anakremaja(2012). Perkembangan Design Grafis . From http://3anakremaja.blogspot.co.id/2012/11/perkembangan-design-grafis-di-berbagai.html, 5 Oktober 2015.
- Ditryfitrian(2012). Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Desain Pemodelan Grafis. From http://ditryfitrian.blogspot.co.id/2012/11/pengaruh-kebudayaan-dan-teknologi-dalam.html, 5 Oktober 2015.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
tutur kata cermin pribadi cerdas ^^