Minggu, 11 Oktober 2015

Desain dan Pemodelan Grafik

 


1. Pengertian Desain dan Pemodelan Grafik

Desain

Desain merupakan suatu proses merancang atau rancangan dalam membuat suatu benda atau lainnya.
Desain sangat bermanfaat untuk membantu proses awal sebelum kita melakukan pengerjan yang dimaksudkan agar hasil dari pengerjaan nya dapat maksimal.

Pengertian desain menurut beberapa ahli
  • Ken Hurts
desain adalah proses iteratif yang melibatkan banyak aktivitas tinjauan ke belakang dan paralel.
  • Cioirul Amin
desain adalah kerangka bentuk, rancangan, motif, pola, corak.
  • Dedi Nurhadiat
desain adalah perencanaan untuk mewujudkan suatu gagasan.
  • Menurut Archer
desain adalah salah satu bentuk kebutuhan badani dan rohani manusia yang dijabarkan melalui berbagai pengalaman, keahlian dan pengetahuannya yang mencerminkan perhatian pada apresiasi dan adaptasi terhadap sekelilingnya terutama yang berhubungan dengan bentuk, komposisi, arti, nilai, dan berbagai tujuan benda buatan manusia.

Dari beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa Desain merupakan kegiatan kreatif yang menghasilkan sebuah rancangan ataupun hasil jadi yang inovatif sesuai keahlian dalam bidangya.


Pemodelan Grafik

Pemodelan Grafik, terbentuk dari dua suku kata. Pemodelan yang berarti membentuk suatu benda atau objek. Dan Grafik merupakan pengungkapan dan perwujudan teknologi visualisasi dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan proses mencetak atau bisa diartikan dengan manipulasi model dan citra.

Jadi, dapat diartikan bahwa Pemodelan Grafik adalah Teknologi Visualisasi berbasis komputer yang mampu membuat suatu benda atau objek menjadi lebih hidup.

2. Prinsip dan Unsur Desain Grafik

Prinsip

Penyampaian karya pesan visual diharuskan mampu memberi bebrapa aspek yaitu kreatif, asli, inovatif, komunikatif, efisien dan efektif, sekaligus indah/estetis.

Berbeda dengan prinsip desain grafis. Dalam ilmu desain grafis, selain prinsip-prinsip diatas ada beberapa prinsip utama komunikasi visual dari sebuah karya desain.

1. Ruang Kosong
Ruang kosong dimaksudkan agar karya tidak terlalu padat dalam penempatannya pada sebuah bidang dan menjadikan sebuah obyek menjadi dominan.

2. Kesederhanaan
Pencapaian kesederhanaan mendorong penikmat untuk menatap lama dan tidak merasa jenuh.

3. Kejelasan
Bagaimana sebuah karya tersebut dapat mudah dimengerti dan tidak menimbulkan ambigu/ makna ganda.

4. Emphasis
Pengembangan dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian sehingga mencapai nilai artistic. 

Unsur

Unsur merupakan bagian penting yang ada dalam desain, yang digunakan untuk menghasilkan objek yang menarik perhatian dari penikmat seni.

Pada setiap hasil karya desain pasti ada minimal satu dari unsur berikut :

1. Garis
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).

2. Bentuk
Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar.

3. Tekstur
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.

4. Ruang
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsure untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis.

5. Ukuran
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek.

6. Warna
Merupakan unsur penting dalam obyek desain karena bias menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas.

3. Perkembangan Desain Grafik dari Berbagai Media

Desain grafis diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.

Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang. Perjalanan desain dan gaya huruf latin mulai diterapkan pada awal masa kejayaan kerajaan ROMAWI. 

Desain grafis berkembang pesat seiring dengan perkembangan sejarah peradaban manusia saat ditemukan tulisan dan mesin cetak. Pada tahun 1447, Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai disain yang digunakan di Rhineland, Jerman untuk menghasilkan anggur.

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur  tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual dan membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah akal, mata, tangan, alat-alat tradisional (seperti pensil atau tinta), dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual. 

Desain grafis dengan computer memungkinkan perancang (desainer) untuk melihat efek darilayout atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang. 

Beberapa perancang grafis professional mengeksplorasi ide menggunakan pensil di atas kertas untuk menghindari keterbatasan komputer, memungkinkan mereka berpikir di luar kotak. Beberapa ide kreatif dari desain grafis diawali serta dikembangkan bahkan sampai mendekati hasil akhir dalam pikiran, sebelum diterapkan baik dengan metode tradisional maupun komputer.

4. Pengaruh Kebudayaan Dan Teknologi dalam Membuat Desain Pemodelan Grafik

Pengaruh Kebudayaan dalam Pembuatan Desain Pemodelan Grafik cukup dapat membantu desainer dalam membuat sebuah model grafik.

Seorang desainer dapat menggunakan berbagai macam norma – norma budaya, nilai – nilai, sejarah dan bahasa. Penggunaan sebuah symbol dari masa lalu untuk dapat menyampaikan pesan melalui karyanya.

Budaya juga dapat digunakan sebagai salah satu sumber pemikiran untuk mengembangkan suatu desain grafis yang menarik dan mendapat sebuah arti atau makna yang sangat kuat, dari suatu kebudayaan yang ada.

Pengaruh Teknologi dalam Pembuatan Desain Pemodelan Grafik Teknologi juga dapat mempengaruhi desainer,  sebuah teknologi juga dapat memudahkan seorang desainer dengan berbagai macam media yang dapat dipakai dalam tugas yang sedang mereka kerjakan.

Jadi pada intinya teknologi juga memiliki peranan yang cukup besar didalam perkembangan desain grafis, dengan perkembangan sebuah teknologi yang semakin maju, maka semakin mudah kita untuk menciptakan suatu karya dalam desain grafis dengan waktu yang singkat, yang otomatis dapat juga menghasilkan banyak sesain grafis yang akan menjadi lebih efisien.

5. Bidang Studi Yang Berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafik

1. Teknik Elektronika
Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer.
Bidang teknik elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem interaksi mausia- computer karena pada teknik elektronika cenderung mempelajari perangkat keras yang nantinya dapat menciptakan suatu bentuk komputer yang dapat bermanfaat pada desain grafik ini.

2. Ergonomi
Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.

3. Ilmu Bahasa
Komunikasi manusia-komputer secara definisi
Ilmu Bahasa adalah pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia-komputer. Teori komunikasi matematis, seperti halnya Usaha (Shannon, 1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia Terakhir’ (Zipf, 1949), juga menjadi jembatan antara ilmu bahasa, ilmu komputer dan teknik elektronika.

4. Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada struktur lingkungannya.

5. Antropologi
Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia–komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di kantor), antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.

6. Desain grafis dan tipografi
Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk menjadi media baru yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan.

6. Manfaat Desain Pemodelan Grafik dalam Berbagai Bidang

1. Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek- objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya. Dengan penggunaan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.

2. Bidang Hiburan
Dalam bidang yang satu ini penggunaan Desain Pemodelan Grafis sangat berguna missal saja pada setiap acara televisi, sekarang ini sudah hampir semuanya menggunakkan desain grafis. Mulai dari iklan, ftv, sampai film sekalipun supaya jauh lebih menarik.

3. Bidang Budaya
dalam bidang budaya desain grafik mencerminkan penggambaran orang orang zaman dahulu seperti pahatan pada candi, relief, batu dll. Hal ini menyebabkan bahwa desain pemodelan grafik pada bidang budaya berguna sebagai penggambaran sejarah dan nilai seni dalam budaya tersebut.

4. Bidang Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.
Penggunakan software desain grafis seperti auto cad mempermudah dan membuat desainer menjadi lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat, serta memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.

5. Bidang Teknologi
Teknologi mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk desain. Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media dan software yang dapat membantu serta mempermudah mereka dalam melakukan pekerjaan.


Sumber:
  • Academia. Desain Pemodelan Grafis. From http://www.academia.edu/11097842/DESAIN_PEMODELAN_GRAFIS, 5 Oktober 2015.
  • Idesainesia. Perkembangan Desain Grafis. From http://idesainesia.com/perkembangan-desain-grafis, 5 Oktober 2015.
  • Ditryfitrian(2012). Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Desain Pemodelan Grafis. From http://ditryfitrian.blogspot.co.id/2012/11/pengaruh-kebudayaan-dan-teknologi-dalam.html, 5 Oktober 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tutur kata cermin pribadi cerdas ^^