Pada
semester enam ini untuk melengkapi tugas mata kuliah Pengantar Teknologi Game (Softskill) akan membahas mengenai
seluruh teori yang ada dalam satuan acara perkuliahan secara umum.
Teknologi Game, Bisnis dalam Game Komputer 3D
Engine dan Scene Graph
Teknologi merupakan pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material
dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas
manusia, teknologi mulai dikenal sebelum sains dan teknik. Teknologi dibuat
atas dasar ilmu pengetahuan dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia.
Permainan
adalah kegiatan
yang kompleks yang didalamnya terdapat peraturan. Sebuah permainan adalah
sebuah sistem dimana pemain terlibat dalam konflik buatan, disini
pemain berinteraksi dengan sistem dan konflik dalam permainan merupakan
rekayasa atau buatan, dalam permainan terdapat peraturan yang bertujuan
untuk membatasi perilaku pemain dan menentukan permainan.
Game
bertujuan untuk
menghibur, biasanya game banyak disukai oleh anak - anak hingga orang
dewasa. Games sebenarnya penting untuk perkembangan otak,
untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan
tepat dan cepat karena dalam game terdapat berbagai konflik atau masalah
yang menuntut kita untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Tetapi
game juga bisa merugikan karena apabila kita sudah kecanduan game kita
akan lupa waktu dan akan mengganggu kegiatan atau aktifitas yang sedang kita
lakukan.
Bisnis dalam game komputer berkembang pesat seiring dengan berkembangnya teknologi canggih
saat ini. Dahulu kita hanya dapat menikmati game yang tersedia di dalam
komputer itu sendiri, seperti pinball dan solitaire. Namun sekarang sudah
tersedia game online, dan juga games yang dapat didownload baik free maupun
berbayar. Games berbayar juga merupakan bisnis karena sama saja dengan kita
mengeluarkan uang untuk membeli sebuah barang. Games berbayar ini biasanya
memberikan kepuasan tersendiri bagi pembelinya, karena terdapat fitur yang
bagus di dalamnya.
Perkembangan lainnya ialah warung internet atau yang sering kita
dengar dengan istilah warnet. Warnet kini identik dengan game online yang
mereka sediakan, adapun game berbayar yang disediakan warnet sehingga kita
hanya tinggal memainkannya. Baik anak kecil hingga orang dewasa mempunyai hobi
bermain game online ini. Dengan menyediakan tempat, perangkat komputer yang
lengkap, dan fasilitas pendukung lainnya, membuat gamers betah berlama-lama untuk
bermain.
3d Engine
merupakan suatu software yang digunakan untuk membuat game dengan fungsi
sebagai renderer grafik 3D, physics engine, pengatur audio, scripting,
animasi game, AI (Artificial Intelligence), networking, streaming, pengaturan
memori, localization support, dan pengaturan grafik. Salah satu contoh 3d
engine adalah Cry engine, Unity3D, Gamemaker dll. Dibawah ini merupakan contoh game menggunakan
Cry engine ini adalah Crysis.
Scene
Graph adalah struktur data umum yang biasa digunakan oleh aplikasi
grafis editing berbasis vektor dan permainan komputer modern, yang
mengatur representasi dari adegan
grafis. Contoh programnya seperti Acrobat 3D, Adobe Illustrator, AutoCAD,
CorelDRAW, OpenSceneGraph, OpenSG, VRML97, X3D, Hoops dan Open Inventor.
Disain Skenario, Script , dan Storyboard Game
Komputer
Desain memiliki
pengertian sebagai suatu pemikiran baru atas fundamental seni dengan tidak
hanya menitik-beratkan pada nilai estetik, namun juga aspek fungsi dan latar
industri secara massa, yang memang pada realitanya pengertian desain tidak
hanya digunakan dalam dunia seni rupa saja, namun juga dalam bidang teknologi,
rekayasa, dll. Ada 7 prinsip dalam desain yaitu; Keseimbangan, Kesatuan, Perbandingan,
Urutan, Irama, Skala, .Fokus
Desain
Skenario Game, Script, dan Storyboard
Dasar untuk
pembuatan film adalah skenario, maka dasar untuk membuat game adalah design documents
atau desain skenario game. Dalam
desain dokumen ada ketentuan program game, grafik, tokoh, animasi, suara, dan
musik. Yang merupakan gabungan dokumen yang mendiskripsikan secara kompleks
semua segi game yang direncanakan.
Tidak ada
patokan umum apa saja yang harus menjadi bagian design documents, karena ada
banyak perbedaan tergantung proyeknya. Tetapi dalam satu hal semua dokumen
sama, harus mendeskripsikan game secara kompleks maupun mendetail. Singkatnya,
dalam struktur dokumen-dokumen ini seharusnya terdapat seluruh materi yang
mencakup seluruh aspek game. Baru berdasarkan design documents yang lengkap
bisa ditulis spesifikasi untuk rancangan engine atau modifikasi engine yang
sudah ada, dan rencana produksi. Bagian akhir dari design documents adalah
catatan-catatan desainer game, di mana dicantumkan misalnya ide-ide susulan
atau perubahan yang dilakukan berdasarkan hasil tes, dan seterusnya.
Script adalah suatu uraian
interaksi manusia dengan mesin yang membantu proses desain dan berfokus pada
keperluan user yang berbeda sehingga dapat digunakan untuk aktivitas desain.
Storyboard adalah sketsa
gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah, dengan storyboard kita
dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah, karena
kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji,
sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita kita.
Tujuan Storyboard yaitu sebagai panduan bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya,
mulai dari sutradara, penulis cerita, lighting dan kameramen memungkinkan
seorang pembuat film untuk memprevisualisasikan ide-idenya Sebagai Alat untuk
mengkomunikasi ide keseluruhan film menjelaskan tentang alur narasi dari sebuah
cerita Berperan dalam pewaktuan (timing)
pada squence, percobaan-percobaan dengan sudut pandang kamera, perpindahan
dengan kesenambungan (countinuity)
antara element-element dalam sebuah frame.
Artificial Intelligent pada Game
Decision Making: Decision Tree, State Machine
dan Rule Systems
Artificial Intelligence merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang
membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang
dilakukan manusia. Game atau permainan dalam media elektronik merupakan salah
satu aplikasi yang dapat mengandung kecerdasan buatan. Bermain game merupakan
salah satu sarana pembelajaran. Dalam game kecerdasan buatan dapat terlihat
dari bagaimana tingkah laku / behaviour yang dilakukan oleh game tersebut. Pada
game yang memiliki kecerdasan buatan didalamnya maka game tersbut seolah-olah
memiliki kemampuan layakmya manusia seperti dapat melihat, memukul, menghitung
dan lain sebagainya.
Decision making yaitu suatu
pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Decision making game merupakan
suatu pemecahan masalah dalam pembuatan permainan dan menentukan solusi dari
suatu masalah tersebut.
Decision
Making bisa terjadi apabila mengalam 3 situasi diantaranya :
- Decision making under certainty. Misal: Linear Programming
- Decision making under risk (uncertainty). Misal: Maximax, maximin, dll.
- Decision making in conflict. Dengan Game Theory
Path Finding: Waypoints dan Path Finding , A*
Searching, Dijkstra
Pathfinding adalah
proses pencarian path tercepat dari titik asal ke titik tujuan dengan
menghindari berbagai halangan sepanjang path yang ditempuh. Terdapat
berbagai algoritma pencarian jalur yang dapat dipakai, sebut saja djikstra, A*,
dsb.
Algoritma
Dijkstra, (dinamai menurut penemunya, seorang ilmuwan komputer, Edsger
Dijkstra), adalah sebuah algoritma rakus (greedy algorithm) yang
dipakai dalam memecahkan permasalahan jarak terpendek (shortest path problem)
untuk sebuah graf berarah
(directed graph) dengan bobot-bobot sisi (edge weights) yang bernilai tak-negatif.
A* (dibaca
"A bintang"/"A star") adalah algoritma pencarian
graf/pohon yang mencari jalur dari satu titik awal ke sebuah titik akhir yang
telah ditentukan. Algoritma A* menggunakan pendekatan heuristik h(x) yang
memberikan peringkat ke tiap-tiap titik x dengan cara memperkirakan rute
terbaik yang dapat dilalui dari titik tersebut. Setelah itu tiap-tiap titk x
tersebut dicek satu-persatu berdasarkan urutan yang dibuat dengan
pendekatan heuristik tersebut. Maka dari itulah algoritma A* adalah contoh dari
best-first search.
Sebuah
waypoint adalah titik acuan yang digunakan untuk keperluan navigasi dengan
karakter dalam game. Paling umum digunakan dalam game strategi dan permainan
berbasis skuad.
Arsitektur Game Engine
Arsitektur mesin game adalah system perangkat lunak yang
dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game. Simplenya dari
arsitektur mesin game itu adalah rancangan dari sistem perangkat lunak dari
game itu sendiri.
Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja
pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft
Windows, Linux, dan Mac OS X. Engine bukanlah executable program, artinya
engine tidak bisa dijalankan sebagai program yang berdiri sendiri. Diperlukan
sebuah program utama sebagai entry point atau titik awal jalannya program
Interaksi Fisik dalam teknologi Game:
Efek fisik dalama Game
Game
konsol modern saat ini sudah dilengkapi dengan perangkat gerak yang melibatkan
aktivitas fisik sehingga permainan video game dapat sekaligus melatih otot dan
gerak selayaknya berolahraga, seperti halnya yang disediakan oleh konsol
Nintendo Wii, PS3 Move, atau yang lebih canggih lagi, Xbox 360 Kinect.
Game
– game yang melibatkan aktivitas fisik seperti game tinju, tennis, sepakbola dsb,
yang mengharuskan anda untuk menggerakkan tangan dan anggota tubuh anda sesuai
tema video game yang dimainkan. Untuk mendapatkan seperangkat konsol
tersebut tidaklah perlu mengeluarkan kocek yang dalam. Ketiganya memiliki harga
yang berlainan yang dapat disesuaikan dengan kocek anda.
Collision Detection
Algoritma
untuk mendeteksi collision (tabrakan) sangat dibutuhkan untuk program game.
Flash mulai versi 5 ke atas menyediakan method yang bernama hitTest untuk
memeriksa apakah sebuah movie clip bertabrakan dengan movie yang lain. Sebelum
method hitTest ini tersedia, seorang programmer Flash harus mendeteksi secara
manual koordinat sebuah movie clip, apakah movie clip ini bertabrakan dengan
movie clip lain. Cara ini sangat merepotkan karena harus mempertimbangkan pula
ukuran movie clipnya.
User Interface pada Game Komputer
Sebuah Desain
Interface/antarmuka pada suatu Game mempengaruhi kenyamanan dan sejauh mana
user/pengguna meminati Game tersebut. Untuk itu kali ini saya akan membahas
beberapa hal yang berhubungan dengan Desain Interface pada game.
Sebelum
memasuki pembahasan berikutnya kita perlu mengetahui apa itu HUD.
HUD
adalah singkatan dari Heads-Up Display dan biasanya menunjukkan bar/kotak
HP(Health Point) ataupun MP(Mana Point) dan biasanya muncul di atas kepala karakter. Fungsi HUD ini untuk
memudahkan pemain mengetahui kondisi karakter dalam permainan.
beberapa elemen
user Interface yaitu:
A. Non-diegetic: Desain Antarmuka yang diberikan sebagai tambahan di
luar dunia game itu sendiri, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia
nyata. Sehingga seakan-akan karakter dalam dunia game tidak melihatnya Contoh:
Elemen HUD, kursor mouse, mini map, skills, dll.
B. Diagetic: Desain
antarmuka yang termasuk dalam permainan game
yaitu yang dapat dilihat dan didengar oleh karakter dalam permainan.
Yang dimaksudkan pada antarmuka diagetic ini segala sesuatu yang terlihat
terkecuali elemen-elemen non-diegetic seperti HUD, Kursor mouse, Informasi dari
Komputer,dll Contoh: Interface dalam game Dead Space.(Full diagetic)
C.Spatial: Elemen User Interface yang
disajikan dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa suatu entitas dari dunia
permainan yang sebenarnya (diegetik atau non-diegetik). Outline karakter dalam Left
4 Dead adalah contoh dari non-diegetik User
Interface spatial.
D. Meta: Gambaran yang
bisa muncul dalam dunia game, namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk
pemain.Contoh yang paling jelas adalah efek ditampilkan di layar, seperti
percikan darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan. Contoh: Duty Calls- The Calm Before the Storm
Penampilan Grafik Scene game komputer:
Visibility
Pengertian
Visibility merupakan tampilan grafik scene game pada komputer.
Bagaimana sebuah game terlihat oleh user agar menarik dan berkualitas sehingga
user menikmati game tersebut.
Biasanya pada
video game terdapat istilah scene 2.5D. Sebenarnya istilah tersebut tidak
berbeda jauh dari scene 2D (dua dimensi). Hanya saja 2.5D memiliki beberapa
fitur tambahan berupa efek cahaya, bayangan dan sebagainya yang dibuat
agar seakan-akan menyerupai scene 3D.
Biasanya
gameplaynya memang mirip game 2D dimana kita hanya bisa bergerak secara
horizontal dan vertical namun beberapa gambarnya di render secara 3D. Teori
grafik 2.5D ini biasa juga disebut dengan pseudo-3D sedangkan pada istilah game
lebih dikenal dengan isometric/diametric/trimetric projection.
Level of Detail
Dalam komputer grafis, akuntansi untuk
tingkat detail melibatkan menurunkan kompleksitas representasi objek 3D seperti
bergerak menjauh dari penampil atau sesuai metrik lainnya seperti objek
penting, kecepatan sudut pandang-relatif atau posisi. Tingkat teknik detil
meningkatkan efisiensi render dengan mengurangi beban kerja pada tahap pipa
grafis, transformasi biasanya simpul. Kualitas visual berkurang dari model
sering diperhatikan karena efek kecil pada objek muncul ketika jauh atau
bergerak cepat.
Meskipun sebagian besar waktu LOD
diterapkan untuk geometri rinci saja, konsep dasar bisa disamaratakan.
Baru-baru ini, teknik LOD termasuk manajemen juga shader untuk tetap mengontrol
kompleksitas pixel. Suatu bentuk tingkat manajemen detail telah diterapkan untuk
tekstur selama bertahun-tahun, di bawah nama mipmapping, juga memberikan
kualitas rendering yang lebih tinggi. Ini adalah hal yang lumrah untuk
mengatakan bahwa “sebuah objek telah LOD’d” ketika objek disederhanakan oleh
mendasari algoritma LOD-ing.
Game Berjaringan
Game Online
atau sering disebut Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan
di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet). Sebuah game online adalah
permainan video yang dimainkan selama beberapa bentuk jaringan komputer ,
menggunakan komputer pribadi atau konsol video game. Jaringan ini
biasanya internet atau
teknologi setara, tetapi game selalu digunakan apa pun teknologi yang saat ini:modem sebelum
Internet, dan keras kabel terminal sebelum modem.Perluasan game online
telah mencerminkan keseluruhan perluasan jaringan komputer dari jaringan lokal
kecil ke internet dan pertumbuhan akses internet itu sendiri. Game online
dapat berkisar dari yang sederhana lingkungan berbasis teks grafis game
menggabungkan kompleks dan dunia maya dihuni oleh banyak pemain secara
bersamaan. Banyak permainan online terkait komunitas online, membuat game
online suatu bentuk kegiatan sosial di luar permainan pemain tunggal.
Perkembangan
game online sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan
jaringan computer itu sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan
cerminan dari pesatnya jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small
local network) sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang.
Games Online saat ini tidaklah sama seperti ketika games online diperkenalkan
untuk pertama kalinya. Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960, computer
hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu muncullah
computer dengan kemampuan time-sharing sehingga pemain yang bisa
memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus berada di suatu
ruangan yang sama (Multiplayer Games).
Lalu pada tahun
1970 ketika muncul jaringan computer berbasis paket (packet based computer
networking), jaringan computer tidak hanya sebatas LAN saja tetapi sudah mencakup
WAN dan menjadi Internet. Game online pertama kali muncul kebanyakan adalah
game-game simulasi perang ataupun pesawat yang dipakai untuk kepentingan
militer yang akhirnya dilepas lalu dikomersialkan, game-game ini kemudian
menginspirasi game-game yang lain muncul dan berkembang. Pada tahun 2001 adalah
puncak dari demam dotcom, sehingga penyebaran informasi mengenai game online
semakin cepat.
Sumber :
- http://e-komputer.blogspot.com/2012/10/pengertian-game-maker.html
- https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi
- https://id.wikipedia.org/wiki/Permainan
- http://digitalstudio.co.id/collision-detection.html
- http://tiattack.blogspot.com/2012/04/arsitektur-game-engine.html
- http://ilhamsk.com/perbandingan-game-engine/
- https://bbjuanda.files.wordpress.com/2010/10/bab-11_12-decision_game1.pdf
- http://www.academia.edu/9813932/Review_Konsep_PIHI_Decision-Making_Sebuah_Konsep_Vital_dalam_Hubungan_Internasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
tutur kata cermin pribadi cerdas ^^