Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang website dan jaringan internet serta penerapannya pada perusahaan. Tulisan ini saya lakukan untuk melengkapi tugas Pengantar Web Science.
Website merupakan sekumpulan halaman
informasi yang tersedia melalui jalur internet sehingga dapat diakses di
seluruh dunia. Website terdiri dari beberapa komponen yaitu teks, gambar,
suara, animasi sehingga menjadi suatu media yang menarik untuk mencari informasi.
Sehingga
secara sederhana website dapat diartikan sebagai media informasi yang di desain
secara menarik yang dapat diakses di seluruh dunia melalui jaringan internet.
Website
terbagi menjadi 3, yaitu Website Statis, Website Dinamis, dan Website
Interaktif.
a)
Bersifat statis apabila isi informasi
website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik
website.
b)
Bersifat dinamis apabila isi informasi
website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal
dari pemilik serta pengguna website.
Sejarah Web
WWW dikembangkan pertama kali di
Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989
Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian
pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dapat dijalankan dalam
lingkungan CERN.
Pada
musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan
Internet. www adalah suatu program yang
ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun
1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun
arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk
keperluan pribadi.
Web
1.0
Merupakan
teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet
karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya,
Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk
pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif.
Web 2.0
Web
2.0 Istilah Web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada
tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi
dan sharing informasi secara online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat
didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri
komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan
merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan
pada platform baru.
Web
3.0
definisi untuk Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand [Joh07]. Namun, menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online.
Manfaat website :
§ menyebarkan
ide anda pada orang lain(seluruh dunia),
§ menjual
ide anda( jika orang tertarik dengan ide kita maka, ide tersebut dapat
menghasilkan uang),
§ mempunyai
potensi teman lebih banyak.
Unsur-unsur
website:
ü Nama
Domain (Domain name/URL
– Uniform Resource Locator)
Domain
Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk
mengidentifikasi sebuah website.
ü Web
Hosting (Rumah Tempat Website)
Web Hosting dapat
diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan
berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di
website.
ü Bahasa
Pemerograman
Adalah bahasa yang
digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website yang pada saat
diakses.
Jenis jenis bahasa program
yang banyak dipakai para desainer website antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java
Scripts, Java applets dsb. Bahasa dasar yang dipakai setiap situs adalah HTML sedangkan
PHP, ASP, JSP dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai
pengatur dinamis, dan interaktifnya situs.
ü Desain
Website
Desain website menentukan
kualitas dan keindahan sebuah website. Desain sangat berpengaruh kepada
penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah website.
ü Publikasi
Website.
Publikasi situs di
masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan pamlet-pamlet,
selebaran, baliho dan lain sebagainya tapi cara ini bisa dikatakan masih kurang
efektif dan sangat terbatas. Cara yang biasanya dilakukan dan paling efektif
dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah publikasi langsung di internet
melalui search engine-search engine(mesin pencari, spt : Yahoo, Google, Search
Indonesia, dsb).
ü Pemeliharaan Website
Untuk mendukung kelanjutan
dari situs diperlukan pemeliharaan setiap waktu sesuai yang diinginkan seperti
penambahan informasi, berita, artikel, link, gambar atau lain sebagainya. Tanpa
pemeliharaan yang baik situs akan terkesan membosankan atau monoton juga akan
segera ditinggal pengunjung.
Sejarah
Singkat Jaringan Internet
Internet berasal dari stilah Interconnected
Network yang berarti kumpulan komputer yang menghubungkan satu dengan yang
lain pada jaringan komputer di seluruh dunia.
Internet dapat menghubungkan komputer dan jaringan hal ini terjadi katena
adanya teknologi protokol standar komunikasi internasional yang disebut
protokol TCP / IP (Transmission Control Protocol / internet protokol).
Internet pertama dsidunia disebut ARPANET (Advenced Research Project Agency Network) yang dimulai pada bulan Oktober 1960 dan diketuai oleh Joseph Licklider, dan ARPANET diperkenalkan pada Oktober 1972. Awalnya internet dibuat untuk kepentingan militer dan kesehatan namun dalam perkembangannya ARPANET mengalami kesulitan sehingga memecahkan diri menjadi dua yaitu MILnet untuk kepentingan militer dan ARPANET untuk kepentingan nonmiliter. komputer di University College (london) merupakan komputer pertama di luar Amerika yang menjadi anggota ARPANET.
Pada tahun 1973, vinton cerf dan bob khan mempresentasikan gagasan yang lebih besar, mereka membuat kelompok kerja yang disebut International Network Working Group(INWG). Pembicara pertama adalah vinton cerf yang disebut sebagai bapak internet. Pada tahun 1980 internet mulai direkomendasikan dan diprivatisasi, yang ditandai dengan adanya Internet Service Provider (ISP). Pada tahun 1990 internet mulai menawarkan pola komunikasi yang baru yaitu dengan e-mail dan web
Protokol
Jaringan Internet
Protokol adalah
sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan,
komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer.
§ HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protokol
yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW).
§ Gopher adalah aplikasi yang dapat mencari maklumat
yang ada di Internet, tetapi hanya “text base” saja, atau berdasarkan teks.
§ FTP (File Transfer Protocol) adalah sebuah
protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan
standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam
sebuah internetwork.
§ Mailto, Protokol mailto digunakan untuk mengirim email
melalu jaringan internet.
§ TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet
Protocol) merupakan standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas
internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di
dalam jaringan Internet.
§ UDP (User Datagram Protocol) adalah TCP yang
connectionless. Hal ini berarti bahwa suatu paket yang dikirim melalui jaringan
dan mencapai komputer lain tanpa membuat suatu koneksi.
§ DNS (Domain Name System, bahasa Indonesia: Sistem
Penamaan Domain) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang
nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed
database) di dalam jaringan komputer.
§ PPP
(Point to Point) adalah sebuah protokol enkapsulasipaket jaringan yang banyak digunakan pada wide area network(WAN).
§ SLIP (Serial Line Internet Protokol) merupakan sebuah
protokol yang memungkinkan pemindahan data IP melalui saluran telepon.
§ ICMP (Internet Control Message Protocol) adalah
salah satu protokol inti dari keluarga protokol internet. ICMP utamanya
digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim pesan kesalahan
yang menyatakan, sebagai contoh, bahwa komputer tujuan tidak bisa dijangkau.
§ POP3 (Post Office
Protocol version 3) adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email)
dariserver email.
§ IMAP (Internet Message Access Protocol). Protokol ini
sama dengan protokol POP (sama-sama protokol untuk nge download email),
kelebihan protokol ini dibandingkan dengan POP, IMAP memungkinkan email tetap
berada di mail server. Identitas protokolnya port 143.
§ SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). Protokol ini
digunakan untuk pengiriman email dengan menggunakan aplikasi email client (outlook
express, eudora, thunderbird), dengan identitas port 25.
§ HTTPS (HyperText Transport Protocol Secure) memiliki
pengertian sama dengan HTTP tetapi dengan alasan keamanan (security), HTTPS
memberi tambahan Secure Socket Layer(SSL).
§ Teknologi HTTPS protocol mencegah kemungkinan
"dicurinya" informasi penting yang dikirimkan selama proses
komunikasi berlangsung antara user dengan web server (atau sebaliknya).
§ SSH (Secure Shell Hosting) adalah aplikasi
pengganti remote login seperti telnet, rsh, dan rlogin, yang jauh lebih aman.
§ Telnet (TeleNetwork) adalah remote login yang
dapat terjadi di internet karena ada service dari protocol TELNET.
§ LDAP (Lightweight Directory Access Protocol) adalah
suatu bentuk protokol client-server yang digunakan untuk mengakses suatu
directory service.
§ SSL (Secure Socket Layer) adalah Protokol
berlapis. Dalam tiap lapisannya, sebuah data terdiri dari panjang, deskripsi
dan isi.
Protokol Komunikasi
Pada TCP/IP terdapat beberapa protokol sub yang
menangani masalah komunikasi antar komputer. TCP/IP merngimplemenasikan
arsitektur berlapis yang terdiri atas empat lapis, diantaranya adalah :
Protokol
lapisan aplikasi : bertanggung jawab untuk menyediakan akses kepada
aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP. Protokol ini mencakup protokol
Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), Domain Name System (DNS), Hypertext
Transfer Protocol (HTTP), File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Simple
Mail Transfer Protocol (SMTP), Simple Network Management Protocol (SNMP), dan
masih banyak protokol lainnya. Dalam beberapa implementasi stack protokol,
seperti halnya Microsoft TCP/IP, protokol-protokol lapisan aplikasi
berinteraksi dengan menggunakan antarmuka Windows Sockets (Winsock) atau
NetBIOS over TCP/IP (NetBT).
Protokol
lapisan antar-host : berguna untuk membuat komunikasi menggunakan sesi
koneksi yang bersifat connection-oriented atau broadcast yang bersifat
connectionless. Protokol dalam lapisan ini adalah Transmission Control Protocol
(TCP) dan User Datagram Protocol (UDP).
Protokol
lapisan internetwork : bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan
(routing) dan enkapsulasi paket-paket data jaringan menjadi paket-paket IP.
Protokol yang bekerja dalam lapisan ini adalah Internet Protocol (IP), Address
Resolution Protocol (ARP), Internet Control Message Protocol (ICMP), dan
Internet Group Management Protocol (IGMP).
Protokol
lapisan antarmuka jaringan : bertanggung jawab untuk meletakkan
frame-frame jaringan di atas media jaringan yang digunakan. TCP/IP dapat
bekerja dengan banyak teknologi transport, mulai dari teknologi transport dalam
LAN (seperti halnya Ethernet dan Token Ring), MAN dan WAN(seperti
halnya dial-up modem yang berjalan di atas Public Switched Telephone Network (PSTN),
Integrated Services Digital Network (ISDN), serta Asynchronous Transfer Mode (ATM)).
INTERNET PROTOCOL (IP)
IP adalah protocol standar dengan STD nomor 5.
Standarnya juga termasuk ICMP (internet control message protocol) dan IGMP
(internet group management protocol).
Salah satu alasan menggunakan protocol yang bersifat connectionless adalah untuk meminimze kerja yang sangat berat dari sebuah computer centre yang terhubung pada suatu connection-oriented network.
Salah satu alasan menggunakan protocol yang bersifat connectionless adalah untuk meminimze kerja yang sangat berat dari sebuah computer centre yang terhubung pada suatu connection-oriented network.
IP addressing
Alamat IP direpresentasikan oleh 32 bit unsigned biner.
Ini biasanya dituliskan dengan format .
IP address
Alamat IP standar dijelaskan dalam RFC 1166. untuk
menidentifikasi sebuah host di internet, masing-masing host ditandai dengan
sebuah alamat, alamat IP, atau dalam beberapa kasus alamat Internet. Ketika
sebuah host terhunbung dengan lebih dari satu network, ini disebut dengan
multihomed dan mempunyai alamat IP untuk masing-masing network. Nomor IP terdiri
dari sepasang nomor , yaitu :
IP address = Alamat IP mengidentifikasi sebuah
interface dapat menerima atau mengirim IP datagram.
Referensi :
http://missyeri.blogspot.com/2010/11/arsitektur-aplikasi-web.html
http://plekenyet.blogspot.com/
http://anto-dwiharja.com/struktur-website.php
http://id.wikipedia.org/wiki/Pengelola_Nama_Domain_Internet_Indonesia
http://tonz94.files.wordpress.com/2010/10/unsur-website-materi-kuliah-mo-2.pdf
http://imm.web.id/2011/07/10-kesalahan-para-pengelola-web-institusi/
http://plekenyet.blogspot.com/
http://anto-dwiharja.com/struktur-website.php
http://id.wikipedia.org/wiki/Pengelola_Nama_Domain_Internet_Indonesia
http://tonz94.files.wordpress.com/2010/10/unsur-website-materi-kuliah-mo-2.pdf
http://imm.web.id/2011/07/10-kesalahan-para-pengelola-web-institusi/
Tardelly,Reynaldo Fulgentio. 2009. Merasul
Lewat Internet . Yogyakarta. Kanisius(Anggota IKAPI)(https://books.google.co.id/books id=1iSu4V0H5K4C&printsec=copyright&hl=id#v=onepage&q&f=false)
Yuhefizar . (2012) . CMM
Website Interaktif MCMS Joomla (CMS ).Jakarta . Gramedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
tutur kata cermin pribadi cerdas ^^